Sejarah Permainan Trampolin. Siapakah Penemunya? Sejak Kapankah Trampolin Ditemukan? Yuk Simak !

Oleh : ftrrahman | 2022-04-01 15:58:42

Trampolin memiliki sejarah yang panjang. Uniknya, bukti pertama penggunaan trampolin telah ditelusuri kembali ribuan tahun. Penggambaran kuno perangkat seperti trampolin telah ditemukan di Cina, Mesir, dan Iran, meskipun sangat sedikit yang diketahui tentang kegunaannya pada waktu itu.
Para ahli arkeologi berhipotesis bahwa perangkat seperti trampolin mungkin telah digunakan untuk perayaan, upacara keagamaan, atau untuk sekadar melihat lebih baik permainan liar yang tersedia di lingkungan orang-orang kuno. Meskipun tujuan pastinya kurang jelas, akan tetapi kegiatan ini menunjukkan bahwa trampolin memainkan peran sentral dalam kehidupan orang-orang di zaman kuno.
Perangkat rebound digunakan oleh orang-orang Inuit dan digunakan sebagai aktivitas olahraga selain alat bertahan hidup. Itu terdiri dari kulit walrus dan digunakan untuk melemparkan orang ke udara. Untuk melakukan ini, satu orang akan duduk di atas kulit sementara beberapa orang lainnya memegangi ujung-ujungnya dengan erat. Dengan gerakan menyapu, orang-orang di sekitarnya akan meluncurkan orang yang duduk ke udara. Bentuk awal trampolin ini digunakan baik untuk rekreasi maupun sebagai metode untuk melihat binatang dari jarak yang aman.
Asal usul pasti dari trampolin kemudian menjadi sedikit misteri. Meskipun tidak ada bukti terdokumentasi untuk mendukung klaim tersebut, kepercayaan standar adalah bahwa pendahulu trampolin awal pertama kali dikembangkan oleh seorang seniman Prancis bernama Du Trampolin dan kemudian dinamai untuk menghormatinya. Du Trampoline diperkirakan sedang menonton sirkus dan menyadari kemungkinan menggunakan jaring pengaman trapeze sebagai alat penggerak dan pendarat seperti matras lompat. Bersemangat, ia menghabiskan hari-harinya mengembangkan dan bereksperimen dengan berbagai metode suspensi dan bahan. Hasilnya adalah jaring berukuran sedang yang cocok untuk digunakan oleh satu pemain akrobat, sangat mengurangi kemungkinan tabrakan di udara.
Meskipun Trampolin digunakan selama ratusan tahun, trampolin modern baru ditemukan pada abad ke-20. George Nissen dan Larry Griswold dikreditkan dengan mengembangkan trampolin pertama pada tahun 1935. Larry Griswold adalah seorang pesenam legendaris di masa mudanya dan kemudian menjadi pelatih senam di Universitas Iowa. Di universitas inilah dia pertama kali bertemu Nissen, seorang tumbler luar biasa di tim senam.
Tags : Trampolin, Games